Pendidikan Bermakna Tumbuhkan Pembelajar Sejati

Minggu, 13 Juli 2025 | 11:35:25 WIB
Pendidikan Bermakna Tumbuhkan Pembelajar Sejati

JAKARTA - Dalam upaya menciptakan sistem pembelajaran yang berkelanjutan dan adaptif, Pondok Pesantren Internasional Abdul Malik Fadjar (PPI AMF) di Kabupaten Malang kembali menunjukkan komitmennya dalam memajukan dunia pendidikan. Bukan sekadar rutinitas tahunan, kegiatan Rapat Kerja dan Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran yang digelar menjadi ruang strategis untuk menyusun masa depan pembelajaran di jenjang SMP dan SMA.

Lebih dari sekadar menyusun administrasi, kegiatan ini menjadi ajang penyelarasan visi, penguatan metode pembelajaran, dan penggambaran arah pendidikan berbasis karakter dan nilai-nilai Islam. Guru dan tenaga kependidikan dari kedua jenjang berkumpul dalam semangat kolaboratif untuk merancang sistem pembelajaran yang lebih berdampak.

Menanam Ilmu Seperti Menanam Bunga

Kepala Sekolah SMP SMA PPI AMF, Pahri, dalam sambutannya menyampaikan filosofi mendalam yang menjadi semangat awal kegiatan. Ia mengibaratkan lingkungan pondok pesantren sebagai pot bunga yang siap menumbuhkan benih ilmu dan karakter.

“Pondok ini ibarat kita disediakan pot bunga. Tinggal bagaimana yang kita tanam, apakah bunga yang indah, sehat, semerbak, atau malah sebaliknya,” ujarnya menggugah.

Pernyataan tersebut menegaskan bahwa pendidikan sejatinya adalah proses penanaman bukan hanya pengetahuan, tetapi juga nilai-nilai dan karakter. Para guru diingatkan bahwa setiap aktivitas belajar harus memiliki tujuan transformatif yang menyentuh hati dan perilaku peserta didik, bukan sekadar pencapaian nilai akademis.

Menguatkan Deep Learning sebagai Arah Baru Pembelajaran

Salah satu fokus utama dalam workshop ini adalah penerapan pendekatan Deep Learning. Dalam kegiatan pembinaan yang dibuka oleh Anton Kusuma Seta, peserta dibimbing untuk memahami filosofi di balik pendekatan ini—yang tak hanya mendorong siswa menghafal atau menjawab soal, tetapi memahami konsep secara mendalam, menghubungkannya antar disiplin ilmu, serta mengaplikasikan dalam kehidupan nyata.

Guru-guru dari berbagai mata pelajaran diajak untuk menyusun perangkat pembelajaran yang mencerminkan semangat pembelajar sejati. Hal ini meliputi penyusunan modul ajar, RPP berdiferensiasi, serta format asesmen autentik yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Tidak hanya itu, unsur pembelajaran berbasis proyek dan kolaborasi juga menjadi bagian penting dalam workshop. Ini menciptakan ruang bagi siswa untuk mengalami proses belajar yang aktif, bermakna, dan menyenangkan. Penguatan literasi digital dan penanaman karakter menjadi benang merah yang menghubungkan seluruh sesi, sejalan dengan misi PPI AMF untuk mencetak generasi unggul secara spiritual dan intelektual.

Merajut Kolaborasi Antarpendidik

Salah satu keistimewaan dari kegiatan ini adalah terciptanya kolaborasi antarguru lintas mata pelajaran. Diskusi terbuka, refleksi bersama, dan praktik berbagi pengalaman membuat suasana workshop terasa dinamis dan hidup.

Para pendidik menyadari bahwa di era saat ini, guru tak lagi sekadar penyampai materi. Peran mereka telah bergeser menjadi fasilitator, mentor, dan inspirator dalam proses belajar peserta didik. Dengan kerja sama yang terjalin erat antarunit, semangat membangun ekosistem pembelajaran yang menyeluruh semakin kuat terasa.

Menyelaraskan Pendidikan dengan Nilai dan Tradisi

Pimpinan pondok menyampaikan bahwa arah pendidikan di PPI AMF menekankan pentingnya membentuk generasi ulul albab—generasi yang berlandaskan akidah kuat, berilmu luas, berakhlak luhur, dan siap menghadapi perubahan zaman.

Dalam prosesnya, pendekatan pembelajaran yang dijalankan tetap berakar pada nilai-nilai pesantren dan Islam rahmatan lil ‘alamin. Meski pendidikan mengalami pembaruan metode, ruh dan identitas keislaman tetap menjadi inti dari setiap aktivitas belajar.

Hal ini terlihat dalam berbagai sesi workshop yang tidak hanya membahas teknis pembelajaran, tetapi juga menekankan nilai-nilai moral dan spiritual. Upaya ini menciptakan harmoni antara kemajuan teknologi dengan kearifan tradisi, menjadikan PPI AMF sebagai lembaga pendidikan yang progresif namun tetap berakar.

Menyongsong Tahun Ajaran Baru dengan Semangat Baru

Rangkaian kegiatan yang terselenggara di kompleks PPI AMF ini menjadi bekal strategis dalam menghadapi tahun ajaran 2025/2026. Perangkat pembelajaran yang telah dirancang bukan hanya bersifat administratif, tetapi mencerminkan arah baru pendidikan yang diusung oleh lembaga ini.

PPI AMF optimistis bahwa melalui kolaborasi yang kuat dan semangat pembelajaran yang tinggi, setiap tenaga pendidik mampu menumbuhkan pembelajar sejati. Para santri tak hanya akan unggul secara akademik, tetapi juga memiliki integritas, empati, dan semangat kontribusi bagi masyarakat.

Kegiatan ini menjadi refleksi nyata bahwa pendidikan adalah proses hidup yang terus berkembang. Ia bukan sekadar tempat belajar, tetapi ruang pembentukan karakter dan penyemaian cita-cita. Dengan dasar semangat tersebut, PPI AMF terus melangkah maju, menyinari masa depan dengan pendidikan yang bermakna.

Terkini